Sabtu, 13 Juli 2013

BAGAIMANA CARA MEMBENGKOKKAN AKRILIK (ACRYLIK)

Terkadang kita bingung dalam membentuk ataupun membengkokkan sebuah Akrilik (Acrylik), hingga sering terjadi sebuah kesalahan yang fatal dengan tanpa disadari Akrilik (Acrylik) yang ingin kita bentuk atau dibengkokkan menjadi patah.

Pertama-tama apa yang mesti dilakukan agar Akrilik (Acrylik) dapat dibengkokan?
Sebuah Akrilik (Acrylik) dapat dipanaskan untuk membuatnya lunak. Hal ini akan menjadikan sebuah Akrilik (Acrylik) dapat menjadi kaku kembali ketika menjadi dingin. Biasanya ada yang memanaskan Akrilik (Acrylik) dalam sebuah oven, namun dengan cara tersebut tidak tepat dikarenakan menjadikan ledakan asap dapat menumpuk di dalam oven dan menyala.

Pemanasan (strip) merupakan alat yang terbaik untuk membentuk atau membengkokkan sebuah Akrilik (Acrylik). Alat ini hanya akan membentuk garis lurus belokan dan pemanas strip akan panas hanya pada daerah yang akan dibentuk atau dibengkokkan.

Dengan cara memanaskan pada daerah yang ingin dibentuk hingga terlihat menggelayut digaris bengkokan. Bengkokan harus dibuat jauh dari sisi terkena elemen pemanas agar tidak terjadi kesalahan pada bahan yang telah diberikan tanda (garis) yang ingin dibengkokkan. Lembaran dengan ketebalan 3/ 16 mesti dipanaskan di kedua sisi tikungan yang layak. Gunakan jigs pembantuk atau jepitan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Disini kita juga mesti ingat dalam pengerjaan pembengkokan Akrilik (Acrylik) untuk memakai sarung tangan katun tebal, agar supaya kitapun dapat terhindar dari bahan yang memiliki suhu yang cukup panas.

Selain membentuk garis lurus membungkuk umumnya akan memerlukan peralatan yang khusus, agar kiranya hasil ataupun keinginan untuk mendapatkan berbagai macam model dari sebuah Akrilik (Acrilik) bervariasi.

Demikian penjelasan berkenaan cara membengkokkan sebuah Akrilik (Acrylik) dan dari penjelasan diatas semoga dapat dijadikan sebuah referensi.
Terima kasih

Sayid Muh. Faldy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar